5 Cara Mudah Dan Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

Manfaat Stimuno Untuk Balita
Februari 1, 2019
daftar perusahaan asuransi terbaik di indonesia
Daftar 5 Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia
April 7, 2019

5 Cara Mudah Dan Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

5 Cara Mudah Dan Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

5 Cara Mudah Dan Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

Memang penyakit radang tenggorokan terdengar sepele dan tidak akan membahayakan, tetapi penyakit ini seringkali penyakit ini menyerang anak anak ataupun orang dewasa. Tidak jarang penyakit radang tenggorokan ini akan diobati dengan menggunakan bahan bahan alami yang berada dirumah. Biasanya terjadinya radang tenggorokan ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Streptococcus atau Tonsillitis yaitu sebuah inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus. Terjadinya kasus radang tenggorokan ini sebagian besarnya merupakan gejala awal dari akan terjadinya flu dan dapat disembuhkan secara cepat dengan menggunakan bahan bahan alami.

Bagi ibu yang sedang menyusui, datangnya batuk yang menyerang bisa menjadi salah satu penyakit yang mungkin saja ringan tetapi tetap akan mengganggu. Jika penyakit ini tidak ditangani dengan tepat maka kemungkinannya batuk akan bertahan lebih lama dan pastinya akan terasa sangat mengganggu. Pada saat batuk mulai datang menyerang maka tenggorokan rasanya akan menjadi gatal dan tidak nyaman. Selain itu pada saat batuk tidak kunjung berhenti maka akan munculnya suara berisik yang kemungkinannya dapat menyebabkan si kecil terbangun dari tidurnya.

Tetapi para ibu yang sedang menyusui ini tidak perlu khawatir karena adanya banyak cara alami untuk mengobati radang tenggorokan yang mudah dan cepat. Berikut 5 cara mudah dan cepat mengobati radang tenggorokan pada ibu menyusui diantaranya yaitu :

1. Dengan Mengkonsumsi Probiotik Yang Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Bisa Menangkal Serangan Bakteri Dan Virus

Sistem imun merupakan garis pertahanan utama ibu menyusui untuk dapat melawan virus atau bakteri yang menjadi penyebab batuk. Pada saat bakteri baik yang ada didalam tubuh ibu tidak cukup banyak, maka akan lebih rentannya tubuh terserang penyakit. 80 % dari sistem imun pada dasarnya akan ditemukan didalam sistem pencernaan. Oleh karena itu penting bagi ibu menyusui untuk tetap mempertahankan tingkat probiotik yang tepat didalam sistem pencernaannya.

Adanya bakteri baik dan mikroba hidup yang ada didalam saluran pencernaan selain dapat membantu untuk tetap menjaga kesehatan usus. Tetapi juga dapat berfungsi untuk mencegah semakin menyebar dengan luasnya serangan bakteri ataupun virus. Termasuk pada saat ibu menyusui terserang flu dan batuk.

2. Dengan Menggunakan Sari Cuka Apel Untuk Menguatkan Kekebalan Sistem Tubuh

Didalam sari cuka apel atau apple cider vinegar (AVC) terkandung antibakteri yang berfungsi untuk membunuh mikroba penyebab sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu juga penggunaan sari cuka apel ini dapat membantu untuk melegakan saluran nafas dan mengeluarkan lendir yang berlebih dari tenggorokan. Kandungan obat alami yang ada didalam sari cuka apel yaitu inulin prebiotic mirip seperti probiotik.

Dimana kandungan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan jumlah sel darah putih untuk bisa melawan virus dan juga bakteri. Selain itu juga dengan mengkonsumsi sari cuka apel maka akan dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkat pH tubuh. Seimbangnya tingkat pH maka akan dapat menurunkan resiko tubuh terserang bakteri.

3. Dengan Menggunakan Kunyit Yang Kaya Antioksidan

Salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat adalah kunyit. Kunyit ini selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak tetapi juga dapat digunakan untuk membantu meredakan batuk secara alami, termasuk pada ibu yang menyusui. Curcumin merupakan kandungan utama yang bisa ibu manfaatkan dari kunyit. Seperti yang telah diketahui jika curcumin tersebut dapat membantu menyehatkan tubuh dan akan mencegah penyakit menyerang.

Sejumlah penelitian juga mengatakan jika kunyit ini sangat bagus untuk mengurangi gejala alergi dan dapat membantu menjaga kesehatan lambung. Oleh karena itu sifat anti inflamasi dan antioksidan yang ada didalam kunyit dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti pilek, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan juga hidung tersumbat. Oleh karena itu ibu bisa menambahkan sedikit bubuk kunyit kedalam teh hangat, dan untuk membuat rasanya menjadi manis bisa ditambahkan sedikit madu kedalamnya.

4. Dengan Menggunakan Teh Hijau Yang Mengandung Antioksidan

Hampir setiap orang akan menyukai teh hijau. Ini merupakan salah satu produk teh dari Jepang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk bagi ibu menyusui yang terserang berbagai penyakit ringan seperti batuk, flu, dan juga radang tenggorokan. Sebuah penelitian mengatakan jika teh hijau dapat membantu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terserangnya penyakit. Ada 6 jenis antioksidan yang berbeda dari teh hijau ini yang tersebar pada seluruh bagiannya mulai dari batang, kuncup, dan juga daunnya.

5. Menggunakan Bawang Putih Yang Mengandung Antioksidan Dari Senyawa Allicin Didalamnya

Kandungan antioksidan yang ada didalam bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui secara alami. Pasalnya bawang putih mengandung allicin yaitu sebuah nyawa kuat yang akan muncul tidak lama setelah diiris dan sebelum dimasak. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu cukup dengan mencincang halus bawang putih lalu tambahkan kedalam sepotong buah atau bisa ditambahkan madu.

Selain itu masih ada cara mudah dan cepat mengobati radang tenggorokan pada ibu menyusui yang lainnya seperti dengan menggunakan jahe dan minyak kelapa.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *