Perlukah Advertising Offline Dalam Bisnis
Perlukah Advertising Offline Dalam Bisnis?
30 Oktober 2021

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Agar Tidak Ditolak

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda

Tak ada yang berharap mendapat kemalangan, termasuk pada mobil Honda kesayangan kamu sekalipun. Namun jika memang terjadi, asuransi mobil Honda yang sudah dibeli bisa meminimalkan rasa duka kamu.

Akan tetapi, meski sudah memiliki asuransi, kamu tak bisa bersantai-santai. Jika memang terjadi kemalangan, atau risiko pada kendaraan kesayangan, kamu harus bergerak cepat untuk mengklaim apa yang menjadi hakmu, mendapatkan manfaat atas asuransi yang kamu beli.

Namun, perlu diketahui bahwa mengajukan klaim asuransi, termasuk asuransi kesehatan online, tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada sejumlah dokumen yang harus dipenuhi, dan sejumlah tahapan yang harus diikuti agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari asuransi mobil Honda yang kamu beli. Untuk itu, tips dan cara mengajukan klaim asuransi di bawah ini bisa menjadi modal pengetahuan untuk diikuti.

Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan

Kelengkapan dokumen menjadi salah satu syarat wajib agar klaim asuransi kamu bisa diterima. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengajuan klaim, penting sekali kamu melengkapi dokumen yang disyaratkan.
Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan klaim antara lain:

  • Laporan kronologi kejadian
  • Salinan polis, sertifikat dan laporan atau endorsement
  • STNK, BPKB, faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani.
  • Buku uji kelayakan kendaraan (KIR) khusus untuk kendaraan yang wajib KIR
  • Surat keterangan dari kepolisian daerah
  • Surat pemblokiran STNK
  • SIM pengemudi yang terlibat pada insiden
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan
  • Surat laporan kepolisian setempat
  • Surat tuntutan pihak ketiga (jika kerugian melibatkan pihak ketiga)
  • Dokumen relevan lainnya yang terkait pengajuan klaim
  • Siapkan biaya klaim atau biaya ditanggung sendiri untuk klaim yang diajukan, dengan kisaran Rp250,000,- hingga Rp300,000,-.

Cara melakukan klaim asuransi mobil

Apabila semua dokumen sudah disiapkan, ada sejumlah langkah untuk melakukan klaim asuransi mobil kamu. Di bawah ini adalah langkah penting agar klaim bisa berjalan lancar.

  1. Segera menghubungi pihak asuransi
    Ketika kamu atau orang lain mengalami musibah pada kendaraan kamu, misalnya kecelakaan, kehilangan atau risiko lainnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil kamu.

    Hal ini harus dilakukan karena biasanya ada klausul pada polis asuransi terdapat syarat pelaporan maksimal 3×24 jam pascakejadian. Laporan kepada pihak asuransi akan mempermudah kamu mengajukan klaim.
    Laporan bisa dilakukan melalui surat elektronik atau telepon pada nomor hotline perusahaan asuransi kamu. Laporan dilakukan dengan menjelaskan kronologi kejadian dan risiko yang timbul karenanya. Perusahaan asuransi nantinya akan memberikan formulir klaim untuk diisi dan dilengkapi sebagai syarat pengajuan klaim.
  2. Mempersiapkan bukti-bukti
    Untuk memastikan insiden yang terjadi benar adanya, alias risiko benar-benar terjadi, kamu harus menunjukkan bukti-buktinya. Bukti tersebut bisa dalam bentuk foto, bukti CCTV atau pun bukti lainnya.
    Kamu juga bisa menjadikan bukti-bukti tersebut sebagai bahan laporan ke pihak kepolisian untuk melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk bisa mengklaim asuransi.
  3. Menjelaskan kronologi kejadian
    Untuk mengajukan klaim, kamu akan kembali diminta menjelaskan kejadian secara detail. kamu juga akan diminta untuk menjawab pertanyaan dari staf asuransi bagian klaim, dan pastikan kamu menjawab sesuai dengan fakta yang ada.
  4. Melengkapi semua persyaratan dan menyerahkan dokumen klaim
    Setelah semua tahapan di atas dilalui, kamu tinggal melengkapi semua dokumen yang disyaratkan dan secara resmi mengajukan klaim ke pihak asuransi.

    Kamu bisa bertanya kepada staf perusahaan asuransi mengenai lama durasi klaim asuransi mobil, mengingat setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda.

Dengan mengikuti tahap-tahap di atas dan memenuhi kelengkapan dokumen yang disyaratkan, klaim asuransi mobil Honda kamu memiliki peluang yang relatif besar untuk sukses. Semoga berhasil! Nah, kalau saat ini kamu sedang mencari dimana bisa mengasuransikan mobil Honda kesayanganmu, cukup kunjungi Lifepal, dan kamu bisa mendapatkan banyak pilihan di sana.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.