Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit

Manfaat Bergabung Di Forum Dan Komunitas Pertanian
Manfaat Bergabung Di Forum Dan Komunitas Pertanian
Agustus 19, 2017
Sekilas Tentang Loaxgogreen
Agustus 21, 2017

Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit

Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit

Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit

Semakin tingginya permintaan Crude Palm Oil (CPO) berdampak semakin banyaknya areal perkebunan kelapa sawit yang berdiri di Indonesia ini. Bukan hanya di Pulau Sumatra dan kalimantan saja, tetapi sudah merambah ke pulau-pulau lainnya seperti di Papua. Meskipun secara umum perluasan perkebunan kelapa sawit dianggap bisa mengancam kelestarian hutan dan spesies yang ada di dalamnya, namun tidak demikian jika menerapkan pengembangan industri kelapa sawit yang ramah lingkungan.

Kelestarian hutan dan lingkungan dalam pengelolaan kebun kelapa sawit merupakan faktor penting bagi perusahaan perkebunan sawit. Setiap perusahaan wajib menerapkan standart untuk menjaga kelestarian lingkungan seperti tidak menebang pohong dengan sembarangan atau membakarnya. Selain itu juga perlu menjaga flora dan fauna yang ada di dalam hutan, dengan tidak menjadikannya lahan perkebunan kelapa sawit khususnya bagi hutan lindung. Perusahaan perkebunan juga harus  menyadari pentingnya alam dan lingkungan perkebunan yang sehat dan produktif.

Seperti halnya perusahaan perkebunan kelapa sawi ini, perusahaan ini terus berkomitmen untuk bertanggung jawab menjaga alam yang ada di daerahnya agar tetap berada pada kondisi terbaik nya dengan  tidak mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada. PT. Nabire Baru namanya yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di kabupaten Nabire, Papua. Sebagai contoh perusahaan ini kerap memberikan pemahaman untuk menanamkan nilai-nilai pengelolaan yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek-aspek kelestarian lingkungan kepada setiap petani yang menjadi mitra perusahaannya.

Dalam praktek nya perusahaan ini akan menerapkan pengelolaan yang ramah lingkungan, seperti menghindari penggunaan bahan kimia dalam pengendalian hama, menggunakan pupuk-pupuk organik, serta berkomitmen untuk tidak melakukan pembakaran dalam pembukaan lahan ataupun saat melakukan replanting nantinya.

Baca Juga :  Perkebunan Kelapa Sawit Yang Ramah Lingkungan

Baca juga : Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Dengan demikian, akan terwujud perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dengan sistem agroindustri yang melindungi dan memperbaiki lingkungan alam. Dengan begitu, perusahaan ini layak secara ekonomi, dan dapat diterima oleh masyarakat sekitarnya. Dan akan mengurangi stigma negatif tentang keberadaan perusahaan yang dikaitkan dengan isu-isu kerusakan lingkungan yang konon ditimbulkan oleh berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit pada umumnya.

Sebagai informasi, PT. Nabire Baru merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terdapat di kabupaten Nabire Papua. Perusahaan ini mengelolah areal perkebunan kelapa sawit seluas ± 17.000 Ha yang tersebar di kabupaten Nabire, Papua. Keberadaan perusahaan tersebut turut berperan aktif dalam pembangunan daerah, baik dari segi perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan hidup.

Upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan ini dalam menjaga kelestarian lingkungan patut kita hargai, seperti penanaman 2.000 bibit tanaman sagu, memperingati hari satwa dunia, Konsultasi publik tentang menjaga lingkungan, komitmen nya dalam menjaga kelestarian alam dan lain sebagainya.

(Visited 177 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *