Kartu Kredit Paling Banyak Kasih Diskon
Wajib Punya, Ini Pilihan Kartu Kredit Paling Banyak Kasih Diskon
Oktober 2, 2019
4 Fakta Wisata Raja Ampat Murah yang Tak Menguras Dompet
Yuk, Simak 4 Fakta Wisata Raja Ampat Murah yang Tak Menguras Dompet
Oktober 2, 2019

Tips Cerdas Menghitung dan Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek paling penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dikarenakan pendidikan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap perkembangan pola pikir, dan itulah yang menjadi faktor mengapa mayoritas negara maju sangat mementingkan pendidikan bagi masyarakatnya, bahkan ada beberapa negara yang tidak segan untuk menggratiskan biaya pendidikan itu sendiri.

Hanya saja, sepertinya kebijakan tersebut masih tergolong sulit di negara berkembang seperti Indonesia. Bukan menggratiskan, biaya pendidikan di Indonesia justru kian meningkat dari waktu ke waktu, yang membuat banyak masyarakat belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Namun, yang namanya orang tua pasti selalu menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya, termasuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Meskipun mahal, biaya pendidikan masih bisa didapat dengan menggunakan berbagai cara lho, mulai dari berinvestasi dan melalui asuransi, hingga melalui pinjaman dana pendidikan yang sudah mulai banyak disediakan oleh pihak perbankan dan berbagai lembaga pinjaman online terpercaya. Nah, sebelum anda memutuskan untuk mencari jalan terbaik dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, ada baiknya anda melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Perhitungan diperlukan untuk memberikan anda gambaran mengenai berapa kisaran dana pendidikan anak yang sekiranya dibutuhkan dan yang harus anda siapkan. Agar tidak bingung, yuk ketahui dulu beberapa langkah perhitungan yang sebaiknya anda lakukan sebelum mempersiapkan dana pendidikan anak.

Tips Menghitung Dana Pendidikan Anak

1. Riset Sekolah
Saat ini sudah semakin banyak jenis-jenis sekolah yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah asrama, reguler, internasional dan masih banyak lagi. Pilihan yang anda ambil pastinya akan mempengaruhi jumlah biaya yang perlu anda persiapkan.

Maka dari itu, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai masing-masing sekolah yang anda tuju sekaligus cari tahu berapa kisaran biaya pendaftaran yang dibutuhkan. Dengan begitu anda menjadi tahu berapa biaya yang perlu dipersiapkan.

2. Hitung Biaya Pendidikan Saat Ini
Setelah melakukan riset dan telah menemukan daftar sekolah yang anda inginkan untuk buah hati, langkah selanjutnya ialah menghitung biaya pendidikan pendidikan saat ini, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena biaya setiap tingkat pendidikan berbeda-beda. Dana pendidikan TK tentu akan berbeda dengan SD, begitu pula dengan SMP dan selanjutnya.

Untuk dana pendidikan jenjang TK hingga SMA biasanya hanya uang pangkal saja yang perlu dikalkulasi, sedangkan untuk uang sekolah bulanan akan diambil secara otomatis dari uang bulanan. Sedangkan untuk jenjang kuliah S1, anda perlu melakukan kalkulasi mulai dari masuk hingga kelulusan yang kurang lebih sekitar 4 tahunan. Namun, untuk biaya kuliah mungkin akan sedikit membutuhkan waktu karena bukan hanya bergantung pada universitas swasta dan negeri, namun juga bergantung pada jurusan yang diambil.

Selain itu, apabila anda memiliki opsi sekolah lainnya, anda juga bisa memilih biaya yang paling mahal untuk dilakukan simulasi perhitungan.

3. Memilih Cara Mendapatkan Dana Pendidikan
Saat ini menabung sudah tidak perlu lagi dilakukan menggunakan celengan ayam. Banyak sekali cara-cara yang bisa dipilih untuk mengumpulkan dan mendapatkan dana pendidikan, seperti dengan menggunakan investasi, asuransi, hingga pinjaman dana pendidikan anak yang bisa diajukan melalui pihak perbankan dan lembaga pinjaman online terpercaya.

Baca Juga :  Wajib Punya, Ini Pilihan Kartu Kredit Paling Banyak Kasih Diskon

Nah, bagi anda yang bingung memilih cara yang tepat untuk mendapatkan dana pendidikan anak, coba saja menggunakan beberapa cara berikut ini. yaitu:

• Investasi Emas
Emas dapat dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi paling aman dengan risiko yang rendah. Anda bisa memulai investasi emas bahkan sejak sang buah hati lahir. Dengan risiko rendah, perkembangan investasi emas memang tergolong lamban, namun hasil yang didapat akan sangat fantastis dan tentunya membantu anda dalam membayar dana pendidikan anak.

• Asuransi Pendidikan
Sesuai dengan namanya, asuransi merupakan proteksi yang seharusnya wajib dimiliki oleh setiap masyarakat dari berbagai kalangan. Pada intinya, memiliki asuransi dapat disamakan dengan menabung. Sang pemilik asuransi, yaitu orang tua wajib membayar premi sesuai dengan ketentuan atau persetujuan di awal, yang kemudian jumlah premi yang telah terkumpul tersebut dapat dicairkan untuk digunakan sebagai dana pendidikan anak.

Asuransi pendidikan itu sendiri beraneka ragam, jadi ada baiknya apabila anda konsultasikan kepada agen asuransi terlebih dahulu sebelum memilih, agar jenis asuransi yang anda pilih dapat sesuai dengan kebutuhan.

• Pinjaman Dana Pendidikan
Salah satu cara paling instan dan mudah, yaitu mengajukan pinjaman dana pendidikan di lembaga pinjaman online terpercaya. Dengan syarat dan prosedur yang begitu mudah, anda dapat mengajukan pinjaman hanya bermodalkan laptop ataupun ponsel pintar yang anda miliki. Hanya saja, seiring dengan semakin maraknya lembaga pinjaman online yang bermunculan, anda pun perlu lebih kritis dalam memilih lembaga pinjaman online terbaik dan terpercaya, guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingin mengajukan pinjaman dana pendidikan? Ajukan saja di CekAja.com. Tidak hanya melayani pengajuan pinjaman, di CekAja.com pun anda bisa melakukan perbandingan mengenai jenis-jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan. Yuk baca informasi lebih lanjutnya mengenai cara pengajuan pinjaman dana pendidikan melalui https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *